Cara Mudah Untuk Belajar dengan Meningkatkan Daya Ingat Otak dan Tips Menghafal Pelajaran yang Efektif dan Efisien

Posted: Februari 25, 2012 in Uncategorized

Belajar adalah kegiatan yang paling dihindari meskipun banyak juga yang menyukai kegiatan belajar. Tiada hari tanpa belajar memang paling tepat diungkapkan untuk makhluk hidup, terutama manusia, karena selalu ada hal baru setiap hari. Hanya saja, terkadang kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya setiap hari kita melakukan kegiatan yang bernama “belajar”.

Belajar adalah sesuatu yang membosankan. Bisa jadi itu benar dan yang paling sering merasakannya adalah para murid, baik itu di sekolah maupun perguruan tinggi. Mengapa jadi membosankan ? Karena orang yang melakukannya tidak menjiwai secara penuh kegiatan belajarnya. Sebagian besar belajar karena akan menghadapi ujian. Oleh karena tidak ingin mendapatkan nilai buruk pada hasil ujiannya, setiap orang jadi “terpaksa” belajar dan pada akhirnya kegiatan belajar itu menjadi ritual yang membosankan dan penuh beban.

Lalu bagaimana caranya agar kegiatan belajar kita bisa optimal ? Simak beberapa trik berikut ini.

Berdo’a Sebelum Memulai Belajar

Berdo’a itu penting loh sebelum kita memulai belajar. Nggak hanya belajar, tapi setiap kita memulai untuk melakukan sesuatu, akan lebih baik kalau kita memulainya dengan berdo’a. Dengan berdo’a Insyaallah semua yang kita pelajari bisa kita terima dengan baik. Tapi ingat..!! kita belajar, memang betul-betul belajar. Maksudnya kita belajar tidak karena ingin membuat sebuah konsepan.

Fokus Kepada Apa yang Kita Kerjakan

Fokus terhadap pelajaran juga perlu. Kalau kita belajar dengan membawa masalah lain, misalnya masalah hubungan kita dengan pacar, maka usaha kita untuk belajar secara maksimal pun akan percuma. Karena fikiran kita akan lebih fokus ke masalah pribadi kita. Usahakan ketika kita belajar, fokuskan diri kita terhadap pelajaran. Semua masalah pribadi untuk sementara kita buang jauh-jauh dahulu. Caranya agar kita bisa fokus, mungkin kita bisa mencari sebuah soal yang rumit untuk kita selesaikan. Munculkan rasa penasaran kalian dan pantang menyerah untuk menyelesaikan soal tersebut. Karena rasa pantang menyerah itu membawa kalian untuk membuka-buka buku untuk menemukan penyelesaian dari soal tersebut.

Mencari Tempat yang Sesuai untuk Belajar

Agar kegiatan belajar kita memberikan hasil maka kita sebaiknya memilih tempat yang mendukungnya. Tempat mempengaruhi seberapa banyak yang diserap oleh otak kita. Kebanyakan orang memilih tempat yang sepi untuk belajar. Di tempat yang sunyi, kita bisa lebih berkonsentrasi pada apa yang kita pelajari. Sebaiknya hindari hal-hal yang dapat mengacaukan konsentrasi saat belajar, misalnya HP dan radio. Bila perlu, matikan HP untuk sementara pada saat kita sedang belajar agar konsentrasi belajar kita tidak terganggu.

Membersihkan Otak

Yang harus anda ketahui adalah bahwa otak memiliki kemampuan menangkap informasi dengan sangat cepat dan baik. Sehingga tanpa kita sadari, kita mengetahui sesuatu padahal kita tidak pernah mempelajarinya secara sengaja. Terutama jika informasi itu dalam bentuk audio atau suara. Otak lebih mudah menangkap informasi yang berbentuk suara. Maka tak heran jika kita sering merasa telah mengetahui sesuatu padahal kita merasa tidak pernah sengaja mempelajarinya.

Karena banyaknya informasi yang ada di otak itulah yang mempengaruhi kinerja otak dalam menyerap informasi hasil kegiatan belajar kita. Maka sebaiknya bersihkan otak dari informasi yang bersifat sampah agar otak kita mampu menyerap apa yang kita pelajari secara optimal. Lalu bagaimana cara membersihkan otak ? Caranya adalah dengan menghindari pikiran negatif, hindari perilaku negatif misalnya bergosip, menonton film porno, dan lain-lain.

Berhenti Saat  Merasa Jenuh

Berhentilah belajar bila sudah merasa jenuh atau pusing. Jenuh atau pusing menandakan otak sudah lelah. Dalam kondisi otak lelah maka otak tidak dapat menyerap informasi dari apa yang kita pelajari. Segarkan otak dengan teknik relaksasi sederhana yang dapat kita lakukan kapan saja. Caranya adalah duduk dengan posisi tubuh santai. Bernafaslah dengan teratur sambil memejamkan mata. Oksigen yang kita hirup akan menyegarkan otak kita kembali. Lakukan relaksasi selama 15 menit setiap hari atau bila diperlukan.

Meningkatkan Daya Ingat Otak

Untuk banyak pelajar, meningkatkan daya ingat sangatlah penting. Sejak banyak pelajaran yang harus dimasukkan ke otak, sementara waktu sangat terbatas, daya ingat harus ditingkatkan red_heart . Apalagi sekarang nilai sudah sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anda, dan mempunyai kemampuan otak dalam hal ingat sangatlah penting.

Bagaimana cara agar kemampuan otak anda dapat ditingkatkan? Yuk bahas satu-satu.

Sering Melatih Otak

Cara meningkatkan daya ingat yang paling penting adalah ini. Anda harus banyak menggunakan otak anda dimanapun anda berada. Bahkan dalam hal kecilpun anda bisa menggunakan pikiran anda dan menemukan solusi dari segala hal yang anda hadapi. Semakin terasah akan semakin bagus.

Istirahatkan Pikiran Anda secret_smile

Bagaimana jika anda kurang tidur? Apakah daya ingat anda juga dapat berfungsi dengan baik? Tentu tidak. Karena itu beri kesempatan kepada orak anda untuk meningkatkan daya dari bagian tubuh anda tersebut dengan memberikannya waktu istirahat yang cukup.

Hubungkan Setiap Hal

Contohnya anda ingin mengingat alamat rumah teman anda. Yang perlu anda lakukan adalah menghubungkannya nama jalannya dengan hal yang anda hadapi sehari-hari sehingga dihari lain anda ingin memanggil kembali pikiran anda tadi, anda tinggal mengingat hal yang sudah diasosiosasikan tadi.

Meningkatkan Daya Ingat

Selanjutnya anda tinggal mencari sendiri bagaimana anda bisa mengingat dengan baik. Beri kesempatan kepada diri anda mempelajari kebiasaaan anda dan temukan sendiri bagaimana cara meningkatkan daya ingat yang baik. greedy

TIPS MENGHAPAL PELAJARAN YANG EFEKTIVE DAN EFISIEN

Setelah banyak menulis tentang kategori spiritual dan militer, saya ingin sharing dengan para pelajar atau mahasiswa yang mendapat kesulitan dalam mencapai hasil yang memuaskan/optimal dalam mengerjakan pekerjaan soal soal ujian, terutama yang bersifat hapalan….

Untuk diketahui, manusia memiliki otak yang fungsinya terbagi tiga…Otak kiri yang berfungsi untuk menangani materi yang bersifat matematis, logis…..otak kanan yang menangani materi yang bersifat intuitive, spiritual, emosional…dan otak belakang yang menangani  masalah memory….

Kalau kita menghapal sebuah  mata pelajaran, termasuk rumus matematika, ilmu ukur sudut, logarithma, bahasa, sejarah dll, apa yang kita baca dan hapal, semuanya direkam oleh otak kiri dan disimpan didalam otak belakang yang berfungsi sebagai gudang memory atau semacam hard disknya computer….

Pada saat kita mengerjakan dan menjawab soal ujian, kita akan memerintahkan otak kiri kita untuk membuka kembali rekaman pelajaran yang sudah disimpan di memory otak belakang…..

Disinilah letak kendalanya, menurut hasil penelitian pakar kemampuan otak manusia di Amerika Serikat, ternyata kemampuan otak kiri manusia normal dengan metoda standard, untuk membuka kembali semua yang direkam dan disimpan di otak belakang, maksimal hanya 20% saja….

Akibatnya, pada saat kita harus menjawab soal ujian, maksimal hanya 20% yang bisa dijawab sempurna, yang lainnya hanya kira kira saja/gambling…

Sekarang masalahnya adalah bagaimana caranya agar kemampuan otak kiri membuka kembali hasil rekaman yang tersimpan diotak belakang bisa meningkat sampai optimal, mendekati 100%….

Jawabnya adalah… kita harus memeras otak kiri kita agar bekerja sampai batas maksimal…,sangat lelah, agar otak kanan kita secara tomatis akan segera membantu tanpa kita perintahkan (memang juga kita tidak bisa perintahkan otak kanan bekerja, dia akan bekerja secara intuitive, bila keadaan sudah emergensi, darurat….)….

Mengapa harus dibantu otak kann?…Otak kanan mempunyai kemampuan mengakses semua hasil rekaman yang berada didalam otak belakang….Otak kananlah yang berfungsi dalam kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual…Otak kanan memiliki kemampuan radar dan pemancar yang frequensinya bisa berhubunan dengan frekuensi otak belakang dan alam semesta…Otak kananlah yang bisa mengakses kekuatan alam bawah sadar yang tersembunyi didalam otak belakang kita…

Sekarang bagaimana cara melatih otak kiri kita supaya bekerja keras dan sangat lelah mendekati titik optimal sehingga terpaksa otak kanan yang intuitive turun tangan menolong otak kanan?….

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Baca dan hapalkan seluruh materi pelajaran yang akan diujikan berulang ulang sampai merasa sudah hafal betul….
  • Kemudian kalau merasa sudah hafal betul, tutup bukunya dan lakukan relaksasi dengan cara berbaring santai, tutup mata sambil mengatur nafas yang santai sekitar 30 menit saja….
  • Setelah tubuh dan otak sudah terasa dingin dan santai, ambil kertas dan fulpen….lalu kita tuliskan kembali semua yang kita hafalkan tadi diatas kertas, dengan menggunakan singkatan singkatan semacam jembatan keledai (contoh singkatan/jembatan keledai untuk Siapa apa, bilamana, dimana, bagaimana dan mengapa….jembatan keledainya adalah: Siabidibame…)…
  • Saya yakin, pertama kali melakukkan uji coba, maka anda hanya aka mampu menuliskan kembali apa yan anda hafal, sebanyak 20% secara baik…yang lainnya lupa lupa ingat/ragu ragu…
  • Lakukan terus berulang ulang uji coba ini untuk satu materi pelajaran yang diujikan, jangan pindah ke pelajaran lain dulu….
  • Setelah anda mampu mencapai hasil menulis kembali apa yang dibaca, dikeluarkan dari otak belakang anda/memory sebanyak 100% dan itu dilakukan sebanya 10 kali berturut turut dan hasilnya sama baiknya, ambilah kertas yang berisi tulisan singkatan mata pelajaran tersebut dan tempel didinding tempat anda belajar…
  • Setiap hari,minimal satu kali anda harus review hasil catatan yang ditempel tersebut dengan membuat copy catatan yang anda keluarkan dari otak, bukan diaca dari kertas berisi singkatan itu !!!
  • Demikianlah lakukan terus dengan seluruh mata pelajaran yang akan diujikan…

 

Dengan cara belajar menghapal seperti ini saya telah berhasil antara lain:

  • Mendapatkan hasil prestasi terbaik ujian SMA Negri untuk profinsi Jawa Barat pada tahun 1961…
  • Prestasi terbaik (no 1, mendapatkan Bintang Kartika Cendekia)untuk jurusan tempur AMN lulusan 1965…
  • Ujian masuk pendidikan Seskoad 1978 hanya sekali langsung lulus  (umumnya beberapa kali baru lulus masuk)….
  • dll..

Mudah mudahan metoda ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang ingin berprestasi dan menjadi mahasiswa kreatif di setiap perguruan tinggi masing-masing… maaf kalau ada yang kurang bisa menerima metoda saya ini hanya sekedar sharing….

http://geraeldo.com/cara-mudah-untuk-belajar.html

http://geraeldo.com/meningkatkan-daya-ingat-otak.html

http://tirtaamijaya.wordpress.com/2008/03/13/tips-menghapal-pelajaran-yang-efektive-dan-efisien/

Tinggalkan komentar